Penyegaran Perencanaan Kesehatan

Welcome!

This community is for professionals and enthusiasts of our products and services.
Share and discuss the best content and new marketing ideas, build your professional profile and become a better marketer together.

0

Tanggung jawab kepala dinas di daerah

Avatar
Mubasysyir Hasanbasri

Paper Ohrling menyebutkan manajer kesehatan daerah itu kurang lebih seperti ini:

"Manajemen puncak harus (1) berfungsi seperti menara kontrol lalu lintas udara, (2) memiliki kepercayaan dan loyalitas dalam meningkatkan kapasitas manajerial, (3) terlibat dalam membangun kreativitas penyelesaian masalah,  dan (4) berpikir dalam perspektif sistem agar dapat mendukung kolaborasi dan pembelajaran".

("Top management should function like an air traffic control tower, trust and loyalty improve managerial capacity, increased managerial skills release creativity and engagement and a system perspective will support collaboration and learning".)

Beri satu contoh kegiatan atau praktik yang dilakukan oleh kepala dinas sebagai top management level di daerah, yang anda bisa banggakan (bisa juga contoh berasal dari daerah lain) atau sebaliknya patut kita cari cara agar hal itu seharusnya bisa dilakukan?


1 Comment
Avatar
Discard
Avatar
Rozita
-

Menurut saya seorang kepala dinas harus memiliki kemampuan manajerial yang tinggi, memiliki insting dan peka terhadap persoalan kesehatan disekitarnya dan mau menerima masukan dari bawahan dan seharusnya sudah memiliki rancangan sistem kerja yang jelas saat dilakukan assesment sebelum memangku jabatan. Memiliki pemahaman yang jelas tentang kesehatan masyarakat dan visioner serta berfikir out of the box. Saya kira ini salah satu pe er dari pimpinan daerah sebelum menetapkan seorang kepala dinas. Oleh sebab itu menurut saya masa assessment adalah masa yang paling strategis dalam mencari figur yang memiliki kecerdasan intelektual dan emosional agar 4 persyaratan yang disebutkan oleh paper Ohrling dapat ditemukan. Apakah ini bisa dilakukan? Semua tergantung kebijakan kepala daerah.

1 Answer
0

Menurut saya orang nomor 1 di Indonesia dan beberapa kepala daerah bahkan kepala dinas di daerah sudah banyak yang mempraktikkan hal baik seperti pendapat Paper Ohrling. Namun di kesempatan ini saya akan memotret kinerja kepala dinas kami, dr. Ade Budi Krista sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang.

Memimpin Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang untuk menjadikan masyarakatnya sehat bukanlah hal yang mudah apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Di awal proses perencanaan tahunan, beliau selalu melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pejabat eselon bahkan sampai ke kepala UPT untuk mengevaluasi capaian kinerja dan kembali mereview target kinerja yang akan ditetapkan untuk tahun perencanaan berikutnya. Dengan tetap berpedoman pada visi, misi, tujuan dan sasaran kepala daerah, beliau memastikan apakah indikator kinerja yang akan ditetapkan untuk tahun selanjutnya. Hasil dari rapat koordinasi ini adalah pohon kinerja dan cascading kinerja yang kami gunakan sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan program kegiatan dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang tersedia. Dengan cascading kinerja ini, maka setiap pengelola program harus saling koordinasi karena seluruh program kerja sudah terintegrasi dalam rangka pencapaian indikator kinerja Dinas Kesehatan. Seluruh pejabat struktural maupun fungsional berkomitmen untuk mencapai target tersebut dengan menandatangani perjanjian kinerja.

Dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas di masa pandemi ini, maka dibutuhkan inovasi dari seluruh pengelola program agar program yang dikerjakan bukan hanya merupakan agenda tahunan melainkan sampai ke masyarakat dan dirasakan masyarakat sebagai bagian dari miliknya karena program tersebut merupakan kebutuhannya.

Untuk selanjutnya ketika program tersebut berjalan, maka dibutuhkan efforts dari kepala dinas untuk bisa mengevaluasi dan mengendalikan seluruh proses tersebut dalam periode tertentu untuk kembali menjadi masukan agar tahapan pelaksanaan perencanaan selanjutnya menjadi lebih baik lagi sehingga target kinerja yang ditetapkan bisa dicapai. Tentunya dalam proses ini kepala dinas harus mampu mendorong seluruh pihak yang terlibat untuk berkolaborasi dan bersama-sama berperan aktif dalam proses pembelajaran agar setiap masalah yang dihadapi dapat ditangani sehingga tujuan dapat dicapai.


Salam Deli Serdang Sehat

Salam Indonesia Sehat

Avatar
Discard