Penyegaran Perencanaan Kesehatan

Welcome!

This community is for professionals and enthusiasts of our products and services.
Share and discuss the best content and new marketing ideas, build your professional profile and become a better marketer together.

2

Sistem Kesehatan harus disederhanakan dan logis jangan terlalu banyak program

Avatar
Rozita

Jika dilihat program-program yang harus dikerjakan daerah, menjadi bias dalam pelaksanaannya. Terlalu berat beban teaga kesehatan di puskesmas sehingga dalam melaksanakan program tidak lagi bicara quality.

Hanya menjadi suatu keharusn utk mengerjakan tanpa melihat apakah berdampak kepada masyarakat, apakah tepat sasaran atau barangkali sebagian mereka juga tidak pernah lagi berfikir mana masalah yang prioritas diwilayah kerjanya.

Demikian juga dengan di Kab/kota dan Provinsi. Bapeda juga merasa terlalu banyak tugas koordinasi yang dikerjakannya untuk mengkoordinir OPD-OPD terkait. Padahal harusnya dalam perencanaan bisa disederhanakan sehingga tidak ada lagi tarik menarik atau ego sentris program

Avatar
Discard
1 Answer
0
Avatar
Mubasysyir Hasanbasri
Best Answer

Pertemuan-pertemuan koordinasi yang banyak dilakukan antar opd diragukan berdampak besar pada perbaikan penduduk sasaran. Sebagai contoh, pertemuan rembug stunting  antar sektoral di hotel berbayar hanya sampai pada bukti komitmen dengan tanda tangan di banner, yang terus dikirimakak ke pusat sebagai laporan.

Bagaimana agar pemborosan semacam itu dapat dialihkan kepada kebutuhan layanan riel di masyarakat?

1 Comment
Avatar
Discard
Avatar
Rozita
-

Setuju Pak Mub, saya juga merasa kegiatan antar OPD tetap tidak menghasilkan sesuatu yang signifikan. Banyak pertemuan2 yang akhirnya terjebak kepada seremonial belaka oleh karena tidak adanya komitmen dari masing-masing OPD.