Penyegaran Perencanaan Kesehatan

Welcome!

This community is for professionals and enthusiasts of our products and services.
Share and discuss the best content and new marketing ideas, build your professional profile and become a better marketer together.

0

Kriteria kepala unit kerja agar organisasi tahan banting (resilien)

Avatar
Mubasysyir Hasanbasri

Jika kemampuan organisasi berhadapan dengan masalah-masalah besar (atau disebut resiliensi) tergantung pada kepala unit kerja, bagaimana menurut anda kriteria dalam memilih mereka?

Avatar
Discard
1 Answer
0
Avatar
Rozita
Best Answer

Perlu tambahan materi assesment selain test intelektual, juga psikologis calon kepala unit kerja dan soal-soal yang akan menguji kemampuan manajerial yang mumpuni.

Mungkin penjenjangan seperti jaman dulu bisa menjadi salah satu alternatif. Dulu sebelum bisa menjadi kepala puskesmas seorang dokter harus bertugas sebagai staf puskesmas dulu, lalu kemudian jika naik maka akan jadi kepala puskesmas, begitu juga jika mau diangkat ebagai kepala dinas harus punya pengalaman manajerial dari level sebelumnya. Karena jika seorang kepala dinas pernah bekerja dari lini bawah dia akan paham apa permasalahan ditingkat bawah karena pengalamannya. 

Sekarang begitu gampangnya menduduki struktural, bahkan ada pejabat struktural yang baru diangkat PNS langsung menjadi pejabat struktural tanpa ada pengalaman sebelumnya. Biasanya ini terjadi di daerah. Sepertinya dikementerian masih ada penjenjangan bertahap sebelum mengangkat seorang pejabat, sehingga tidak terkesan karbitan.


Avatar
Discard