Penyegaran Perencanaan Kesehatan

Welcome!

This community is for professionals and enthusiasts of our products and services.
Share and discuss the best content and new marketing ideas, build your professional profile and become a better marketer together.

2

Kegiatan apa yg belum kita laksanakan selama ini untuk meningkatkan cakupan?

Avatar
Administrator

Ijin diskusi, untuk meningkatkan cakupan program, sy mengusulkan indikator disusun dalam mulai INPUT, PROSES dan OUPUT, mhn masukkan untuk ketiga kelompok indiktor tsb, kegiatan apa yg perlu ditingkatkan atau kegiatan yg belum kita laksanakan selama ini untuk meningkatkan cakupan ?

Put your question here.
Avatar
Discard
2 Answers
0
Avatar
Admin
Best Answer

terima kasih, penyusunan indiktor ini ntinya diharapakn data  mengeliminasi kegiatan yg tidak berdamapk atau tumpang tindih, indikator juga akan disusun melibatkan semua unit utama

sebagai contoh, kita akan meningkatkan cakupan penemuan kasus penyakit menular, setiap unit utama akan diberi peran dalam indikator ini

belajar dari covid, sy berpikir salah satu yang harus kita lakukan merekrut tenaga diluar ASN atau kontrak yang sudah ada oleh Ditjen Nakes

1 Comment
Avatar
Discard
Avatar
Administrator
-

Saya kira yang penting itu rancangan master plan yg sudah jadi dan detil pak. Kalau kita mau jujur sistem kesehatan kita itu seperti sebuah sistem informasi yg belum jadi. Masih tambal sulam tapi sudah dijalankan. Saya rasa kalau sistem kesehatan kita itu sudah mengadop sistem perbankan dimana satu aplikasi sudah terintegrasi. Masing2 unit jelas tupoksi dan kewenangannya dari lini top manajer sampai ke pelayanan semuanya akan terukur dg jelas dan pasti. Data yang didapat akan realtime. Otomatis cakupan akan terukur.

Kalau sistem sudah terbentuk, siapapun operatornya tidak ada masalah.

0
Avatar
Administrator
Best Answer

Ijin berpendapat, menurut saya Sinkronisasi program dimulai dari sistem kesehatan di pusat. Lalu kemudian jika setelah dievaluasi program program yg lama yg dirasa efektif tetap dipertahankan yg tidak berdampak harus di eliminasi. Jangan dipertahankan terus demi anggaran. Kalaupun ada perubahan harusnya penguatan jangan program baru lagi. Banyak teori2 pakar harusnya dapat digunakan sebagai pengembangan program yg sudah ada.  

Permasalahannya pembahasan di pusat cenderung lama, lalu melalui birokrasi berjenjang yg akhirnya sampai ke hilir programnya belum jalan, sudah tahun anggaran berakhir kemudian tahun depan ada program baru lagi. Itu yg terjadi selama ini.

Avatar
Discard